Rekomendasi Tempat Wisata Dieng

wisata alam dieng, wisata sejarah dieng, objek wisata dieng

Dieng memiliki daftar obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari kawah-kawah, candi Dieng, telaga-telaga Dieng, puncak gunung, dan wisata minat khusus secara administratif, obyek wisata di Dieng dimiliki oleh 2 Kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara.

Obyek wisata di Dieng dibagi menjadi dua (2) zona

Zona 1 (Telaga warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Candi Dieng, Dieng Plateau Theater, gardu Pandang Tieng, Goa-goa alam, Museum Kailasa, bukit sidengkeng dan batu pandang)

Zona 2 (Kawah Sileri, Telaga Merdada, Sikunir, Telaga Dringo, Sumur Jalatunda, dan Telaga Sewiwi)

Obyek wisata dalam zona 1 rata-rata jarak dari poros wisata Dieng sekitar 2-3 Km, sedangkan obyek wisata Dieng yang masuk ke Dalam zona 2 berjarak 5-7 Km dari Dataran Tinggi Dieng.

Saat terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Dieng dilakukan pagi hari, pemandangan sedang bagus-bagusnya. Wisatawan dapat melakukan penjelajahan dimulai dari Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Dieng, Telaga Warna dan ke esok harinya bisa dilanjutkan mengunjungi obyek wisata Dieng di zona 2.

Obyek wisata di Dieng berupa wisata di alam terbuka, penting bagi wisatawan untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kostum sampai dengan perlengkapan yang perlu dibawa.

Selain itu wisatawan juga harus memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata, seperti merusak lingkungan, berburu, membuat api unggun dan membuang sampah sembarangan.

Salah satu jalur termudah menuju obyek wisata di Dieng melalui kabupaten Wonosobo, perjalanan sekitar 45 menit (26 km). wisatawan dapat menggunakan transportasi umum ataupun jasa paket wisata yang banyak ditawarkan agen-agen perjalanan.

Wisata Edukasi Di Dieng

Selain menikmati keindahan alam, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengunjungi obyek wisata di Dieng, yaitu :

Untuk pelajar, bisa belajar sejarah tentang sejarah purbakala di Dieng.

Mengamati aktivitas vulkanologi di Dieng melalui pos pengamatan gunung api.

Belajar pertanian, menanam kentang sampai dengan musim panen.

Menjernihkan pikiran kembali, setelah disibukkan dengan rutinitas harian.

Belajar proses pembuatan carica di home industri yang ada di Dieng.

Mengenal tradisi dan adat masyarakat pedesaan.

Berwisata ke Dieng tidak memerlukan biaya mahal, keperluan akomodasi seperti penginapan, tempat makan dan transportasi bisa didapatkan dengan biaya terjangkau.

Berbagai jenis akomodasi juga banyak pilihannya, wisatawan dapat menyesuaikan dengan anggaranya sendiri-sendiri.


EmoticonEmoticon