Wisata Tangkuban Perahu

Bagi yang ingin wisata di kota bandung dan mengunjungi beberapa tempat wisata di  kota Bandung, tentunya sangat sayang apabila melewatkan pemandangan indah yang tersaji di gunung tangkuban perahu.

Wisata tangkuban perahu merupakan salah satu wisata alami dengan pemandangan indah ribuan pohon pinus dan hamparan kebun teh di daerah sekitarnya.

wisata tangkuban perahu, kawah putih

Untuk mencapainya, diperlukan perjalanan yang lumayan dekat sekitar 20 km dengan rute perjalanan melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan, Pasirkaliki melewati Sukajadi kemudian Setiabudi kemudian Lembang.

Setelah sampai Lembang, kemudian mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi ke arah Cikole atau titik puncak perbatasan antara Bandung dan Subang, kemudian ambil arah ke kiri menuju Tangkuban Perahu.

Objek Wisata Di Tangkuban Perahu

Ada banyak tempat wisata pendukung lain di sekitar Tangkuban Perahu. Apa saja tempat wisata tersebut ?

Berikut beberapa jenis dan macam tempat wisata yang bisa dikunjungi disekitar wisata Tangkuban Perahu sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Pemandian air panas.

Disekitar kawah ataupun kaki Gunung Tangkuban Perahu ternyata mengeluarkan mata air panas atau sumber air panas, sehingga bisa digunakan untuk mandi ataupun sekedar berendam. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa pemandian air panas yang berasal dari uap belerang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit.

Aneka kawah.

puncak kawah upas

Menurut Dinas Pariwisata setempat, dikatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu memiliki 9 kawah menarik yang sebaiknya tidak dilewatkan. Namun demikian, beberapa jenis kawah mungkin tidak layak kunjung karena kandungan gas beracun yang tinggi.

wisata tangkuban perahu, puncak kawah upas

Bertanyalah pada guide sebelum menginjungi kawah ini. Beberapa jenis kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu antara lain Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu.

Pusat jajanan.

Wisata kuliner merupakan sarana pendukung wisata Gunung Tangkuban Perahu. Di sekitaran objek wisata dengan mudah dapat dijumpai beberapa kios yang menjual jajanan atau panganan khas daerah Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh ataupun dinikmati secara langsung.

Wisata teh.

Karena letaknya yang cukup tinggi dan memiliki hawa yang sejuk, wisata perkebunan teh sepertinya bisa dijadikan alternartif wisata tambahan.

Demikianlah beberapa jenis dan macam tempat wisata yang bisa dikunjungi disekitar wisata Tangkuban Perahu yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.


EmoticonEmoticon